Mengenal K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekanan

Pesawat Uap Bejana Tekan  ( PUBT ) - Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan pesawat uap dan bejana tekanan semakin luas, sehingga dapat dipakai untuk berbagai macam proses produksi yang banyak dipakai di pabrik pengolahan kelapa sawit, pabrik gula, pabrik kertas, pabrik barang-barang dari karet, pabrik makanan-minuman, pertambangan minyak bumi, rumah sakit, hotel, rumah tangga sampai dengan komponen bahan bakar gas untuk keperluan moda transportasi dan lain sebagainya.

 

mengenal pesawat uap dan bejana tekan


Namun demikian, penggunaan/perngoperasian pesawat uap dan bejana tekanan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja apabila tidak memenuhi ketentuan peraturan perundangan dan syarat syarat di bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) dan/atau standar International yang berlaku. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan pengawasan secara preventif dan menyeluruh baik dari peralatan maupun personel yang telah mendapat lisensi sesuai dengan bidangnya, maka diperlukan obyek pengawasan mulai dari perencanaan, pembuatan pemasangan dan pemakaian peredaran reparasi.

Istilah-istilah dalam Pesawat Uap dan Bejana Tekanan 

Pesawat uap adalah ketel uap dan peralatan lainnya baik tersambung langsung maupun tidak langsung, berhubungan (atau tersambung) dengan suatu ketel uap dan diperuntukkan bekerja dengan tekanan yang lebih besar (tinggi) dari tekanan udara .

Ketel uap ialah satu pesawat yang dibuat guna memanaskan air menjadi uap dan uapnya dipergunakan diluar pesawatnya .

Pesawat uap selain ketel uap adalah

  1. Pemanas air diperuntukkan guna mempertinggi temperatur dari air pengisi untuk ketel-ketel uap dengan jalan pemanasan dengan hawa pembakaran
  2. Pengering uap diperuntukkan guna mempertinggi temperatur dari uapnya dengan jalan pemanasan dengan hawa pembakaran
  3. Penguap-penguap diperuntukkan guna membuat air sulingan dengan jalan pemanasan dengan uap, dan
  4. Bejana uap kedalam mana langsung atau tidak langsung dimasukkan uapnya dari ketel uapnya, terkecuali pesawat-pesawat penguap.

 

Bejana tekanan adalah suatu alat untuk menabung fluida yang bertekanan atau Bejana Tekan adalah bejana selain pesawat uap yang didalamnya terdapat tekanan yang melebihi tekanan udara luar, dipakai untuk menampung gas atau gas campuran termasuk udara baik terkempa menjadi cair atau dalam keadaan larut atau beku.

 

Dalam K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekanan ( PUBT ) akan dibahas potensi bahaya dari PUBT, alat perlengkapan keamanan PUBT, Perencanaan Pembuatan PUBT, Pemasangan PUBT, Perakitan PUBT, Perbaikan atau Reparasi PUBT, Pemeliharaan PUBT dan lain lain.

 

 


PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) melayani training Ahli K3 Umum, Ahli K3 Konstruksi (Muda, Madya, Utama), Auditor SMK3, Petugas P3K, Petugas Pemadam Kebakaran ( Kelas D, C, B, A) , Ahli K3 Listrik, Teknisi K3 Listrik, Hiperkes (Higiene Perusahaan Kesehatan), Supervisor Perancah, Ahli K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut (SIO Operator Alat Berat).

Selain Training K3 PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) juga mempunyai Layanan Konsultan Sertifikasi SMK3 ( Sistem Manajemen Keselamatan Kerja ) , Sertifikasi ISO non-akreditasi dan Akreditasi ( Nasional dan Internasional ) dan BIMTEK SMKK PUPR (Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi - Petugas Keselamatan Konstruksi )

Email : kualitasindonesia@gmail.com
Website : www.kiscerti.co.id | www.jasapelatihanmurah.com


Informasi Training dan Sertifikasi