Sejarah Pesawat Uap

Ketel Uap (bahasa Inggris:boiler) adalah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Bahan bakar pendidih bermacam-macam dari yang populer batubara dan minyak bakar, sampai listrik, gas, biomasa, nuklir dan lain-lain. Pendidih merupakan bagian terpenting dari penemuan mesin uap yang merupakan pemicu lahirnya revolusi industri.

 

sejarah pesawat uap


Sekitar 200 tahun SM, seorang bangsa Yunani bernama Hero, mendesain sebuah mesin sederhana yang menggunakan uap sebagai sumber tenaganya. Hero menyiapkan sebuah bejana yang berisi air yang kemudian ditempatkan diatas api. Setelah panas, air akan mendidih dan kemudian membentuk uap. Uap kemudian diteruskan melalui dua pipa kedalam bulatan berlubang yang mempunyai sumbu pada kedua sisinya Ketika uap keluar melalui dua pipa koal bengkok yang terpasang pada bulatan tersebut, bulatan tersebut bergerak berputar pada porosnya Hero menamakan alat tersebut aeolipile yang berarti mesin uap berputar. 

 

aelopile hero


Kemudian pada sekitar awal tahun 1600-an, seorang bangsa Italia bernama Giovanni Branca membuat suatu penemuan unik berdasarkan cara kerja aeolipile, dimana uap yang dihasilkan alat tersebut disalurkan ke roda yang akan berputar akibat tekanan uap tersebut. Dari sinilah dimulainya perkembangan Turbin uap.

branca aelopile


 
Pada tahun + 1760, James Watt, seorang bangsa Inggris, telah berhasil memakai uap sebagal kekuatan pendorong. Dia adalah yang pertama membuat instalasi tenaga uap yang terdiri dari sebuah ketel uap dan mesin uap yang terpisah Alat tersebut dinamakan Waggon Boiler, karena bentuknya seperti gerobak/wagon (lihat gambar 3).
Dibagian bawah ketel terdapat ruang pembakaran untuk membakar bahan bakar guna memanaskan ketel Watt berkonsentrasi untuk mengembangkan kondenser pemisah uap untuk menciptakan ruangan vakum, dan menggantikan tekanan atmosferik dengan tekanan uap, yang meningkatkan efisiensi mesin.
Dia juga yang menetapkan perhitungan tenaga kuda (horse power), yang menetapkan 1 tenaga kuda dapat mengangkat beban sebesar 249 kilogram sejauh 0,3 meter per detik. Atau ekivalen dengan 14.969 kilogram sejauh 0,3 meter per menit.

 

wagon boiler



Dewasa Ini, konstruksi ketel uap disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadi semakin efektif dan efisien untuk dalam proses menghasilkan uap dan dalam penggunaannya.