Sertifikasi ISO

Apa Itu ISO?

International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. 

Kita dapat mengilustrasikan ISO itu seperti  franchiseFranchise makanan yang memiliki standar yang jelas dan harus diikuti oleh karyawan, sehingga rasa makanan bisa sama di setiap cabang. Rasa makanan tidak tergantung dari koki yang memasak makanan tersebut.

Menerapkan ISO artinya membuat standar yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistembukan orang.

Mengapa Sertifikasi ISO Penting?

Pentingnya Sertifikasi ISO

Dilansir dari OSS Certification, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional

Untuk mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.

3. Menghemat Biaya

Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.

4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Meningkatkan Image Perusahaan

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.

Itulah semua keuntungan yang dapat didapatkan atas adanya sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini pada akhirnya secara lambat laun akan meningkatkan laba perusahaan.

 

Cara Mendaftar ISO 

Untuk bisa mendapatkan ISO, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebuah perusahaan, yaitu:

  • Aplikasi permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kuestioner sesuai dengan sertifikasi yang Anda inginkan kepada badan sertifikasi pilihan Anda.
  • Asesmen terhadap ISO akan dilakukan oleh satu badan sertifikasi, suatu organisasi harus dapat menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukannya telah benar-benar berjalan secara minimal dalam jangka waktu tiga bulan sesuai seluruh urutan (siklus) dari audit internal.
  • Permohonan pendaftaran akan disetujui oleh satu badan sertifikasi, setelah itu akan ada proses lanjutan berupa program 6 bulanan atau 12 bulanan (tahunan) kunjungan audit pengawasan (surveilans). Bila berhasil, maka sertifikasi akan diterbitkan.

Proses Audit Sertifikasi ISO

Lamanya proses audit berjalan ditentukan dari ruang lingkup dan bidang usaha di perusahaan. Proses audit akan terlaksana dalam 2 stage.
Stage 1 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 -  Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

Standar Kelulusan Audit Sertifikasi ISO

Organisasi dan perusahaan akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi ISO adalah saat tidak ditemukannya yang bersifat fatal atau Majour. Apa yang di maksud dengan temuan Majour? Temuan majour yaitu ditemukannya satu sistem yang tidak berjalan atau adanya satu persyaratan ISO yang tidak dijalankan tanpa alasan. Selain dari temuan majour adalagi temuan yang biasa di kenal dengan temuan minor dan observasi. Temuan minor yaitu apabila perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan satu sistem atau hanya menerapkan sebagian dari persyaratan dari semestinya. Temuan Observasi yaitu bersifat saran – saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO. Temuan minor dan observasi bukan salah satu faktor dalam mendapatkan sertifikat ISO namun hanya memerlukan perbaikan kecil.

Lamanya menerima Sertifikat ISO setelah dinyatakan lulus

Di saat proses audit berjalan lalu ditemukannya temuan yang bersifat minor dan observasi, maka perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan perbaikan terhadap temuan yang disampaikan sebelum sertifikat di cetak oleh badan sertifikasi ISO. Perbedaan waktu dalam mengeluarkan dan menerbitkan sertifikat ISO tentu tidak akan sama antara Badan Sertifikasi, ada yang Cuma butuh waktu 2 minggu, ada juga yang butuh waktu sampai 1 bulan. Ada sebagian dari badan sertifikasi ISO yang menginduk ke luar negeri sehingga akan memakan waktu yang cukup lama.

Masa Berlaku Sertifikat ISO

Sertifikat ISO berlaku selama 1 tahun, setelah itu maka perusahaan akan di audit ulang atau re-sertifikasi. Selama 1 tahun perusahaan dan organisasi akan di audit dalam waktu tertentu, ada yang di audit 6 bulan sekali , hal ini sering disebut dengan surveilance audit atau audit berkala.

 

Jenis Sertifikasi ISO 

Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO 9001

ISO 9001 Quality Management System adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional. ISO 9001 merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia.

Sertifikasi ISO 14001

Sertifikasi ISO 14001 adalah sebuah proses kelayakan suatu organisasi, bisnis, atau perusahaan dalam menunjukkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa sebuah organisasi atau bisnis telah mendedikasikan sistem manajemennya berdasarkan kesadaran lingkungan.

Sertifikasi ISO 45001

Sertifikasi ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja/  sistem manajemen K3, dengan panduannya  yang dapat  memungkinkan organisasi agar secara proaktif meningkatkan kinerja  dalam hal mencegah cedera, kecelakaan kerja  dan gangguan kesehatan.

Sertifikasi ISO 22000

Sertifikasi ISO 22000 adalah standar dunia internasional yang diterima secara global bagi perushaan yang ingin memenuhi persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, dalam upaya untuk memastikan ketersediaan pangan. Standar ini menguraikan kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian dari rantai pasokan makanan hingga mengendalikan risiko dan mencegah kontaminasi.

Sertifikasi ISO 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional untuk menetapkan spesifikasi dalam sistem manajemen keamanan informasi. Membantu organisasi untuk mengelola keamanan informasi mereka dengan menangani orang dan proses serta teknologi. ISO 27001 adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Biaya Sertifikasi ISO

Biaya sertifikasi tidak sama antara satu dengan yang lain, biasanya badan sertifikasi akan melihat usaha yang anda jalani serta melihat besarnya organisasi di tempat anda. Masing – masing badan sertifikasi memiliki biaya yang bervariasi. Biaya utama yang dikeluarkan yaitu biaya audit sertifikasi di awal audit dan biaya surveilance. Mendapatkan sertifikat ISO sebetulnya tidak sulit, hanya membutuhkan konsistensi dari perusahaan dan komitmen dari organisasi di dalam menerapkan standar ISO.

Silakan Hubungi Tim Kami untuk mendapat promo dan penawaran terbaik .

Contoh Sertifikat ISO

Berikut beberapa contoh Sertifikat ISO 

Sertifikat ISO Non-Akreditasi

Sertifiikat ISO Non-Akreditasi

Sertifikat ISO Akreditasi KAN ( Komite Akreditasi Nasional )

Sertifikat ISO Akreditasi KAN ( Komite Akreditasi Nasional )

Sertifikat ISO Akreditasi Internasional

Sertifikat ISO Akreditasi Internasional

Persyaratan Dokumen untuk Sertifikasi ISO

Berikut persyaratan dokumen awal untuk mengajukan Sertifikasi ISO bagi perusahaan yang harus disiapkan :

  1. Akta Pendirian + SK Kemenkumham
  2. Akta Perubahan + SK Kemenkumham
  3. Ijin Domisili Perusahaan
  4. SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
  5. TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
  6. SBU ( Sertifikat Badan Usaha )
  7. NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
  8. NIB ( Nomor Induk Berusaha )

 

Daftar Klien ISO

Berikut list klien kami yang memproses Sertifikasi ISO di PT Kualitas Indonesia Sistem

  • PT. Mari Bangun Nusantara, Makassar
  • PT. Bina Mulya Lampung, Bandar Lampung
  • PT. Indo Pratama Jaya Sejahtera, Kebumen
  • PT. Macca Teknik Mandiri, Jayawijaya
  • PT. Sinar Sembilan Jaya, Lampung Tengah
  • CV. Boyseri Princess, Manokwari
  • PT. Kanduangan Hijau Perkasa, Nunukan
  • PT. Putra Bangkit Suryatama, Kebumen
  • PT. Mahaka Anak Negeri, Gorontalo
  • PT. Artomzaraya, Manado
  • PT. Masa Depan Persada, Cilacap
  • PT. New Charisma Padma, Boyolali
  • PT. Nahra Sejahtera Bersama, Bekasi
  • PT. Paragon Jaya Teknik, Jakarta Utara
  • PT. Bubuhan Borneo Etam, Samarinda
  • PT. Putra Tunas Harapan, Banjarnegara
  • PT. Permata Anugerah Yalapersada,Surabaya
  • PT. Namitra Jaya Mandiri, Batam
  • PT. Borneo Explorindo, Banjarbaru
  • PT. Duta Papua Mandiri, Fak-Fak
  • PT. Anagata Haruki, Pontianak
  • CV. Sumber Waras, Banjarnegara
  • PT. Jaya Semanggi Enjiniring, Surabaya
  • PT. Raya CiPTa Mulia, Banda Aceh
  • PT. Aspalindo Global Mandiri, Pematang Siantar
  • PT. Putra Tanjung, Samarinda
  • PT. Bomberai Indah, Fak-Fak
  • PT. Risky Maharani Energi, Gorontalo
  • PT. Teknika CiPTa Pratama, Tarakan
  • CV. Marbo CiPTa Utama, Sinjai
  • PT. Mitra Usaha Para Perdana, Pangkalpinang
  • PT. Sarana Setia Sejahtera , Jayapura
  • PT. Maharani Mulia Selaras, Manado
  • PT. Mahaka Anak Negeri, Gorontalo
  • PT. Bayang Bungo, Bandar Lampung
  • PT. Dharma Setia Utama, Bandung
  • PT. Adji Karya Abadi, Jepara
  • PT. Adicon Jaya Utama, Jakarta Pusat
  • PT. Bangun Rancang Engineering, Jakarta Selatan
  • CV. Javatech Agro Persada, Pati
  • PT. Sukma Surya Dua Tiga Empat, Banjar
  • PT. Gamalama Indah Nusantara, Halmahera Timur
  • PT. Citra Mandiri Abadi, Palembang
  • PT. Berdikari Pondasi Perkasa, Jakarta Barat
  • PT. Isar Bright Sierra, Bekasi
  • PT. Subur Sedaya Maju, Palembang
  • PT. Multisarana Bhanda, Jakarta Timur
  • CV. Karya Agung, Palembang
  • PT. Bina Karya Mandiri Sejahtera, Jakarta Selatan
  • PT. Wirataco Mitra Muli , Aceh Barat
  • PT. Mustika Berlian Istimewa, Pasuruan
  • PT. Pijar Lentera Nusantara, Pasuruan
  • PT. Berdikari Inti Semesta, Tarakan
  • PT. Citra Karya Papua, Sarmi
  • PT. Panji Cemerlang, Jayapura
  • PT. Paringgawana Bumijaya, Manado
  • CV. Saynaya, Paser
  • PT. Wungu Sejahtera Wijaya, Bandar Lampung
  • CV. Bangun Papua, Jayapura
  • PT. Tri Karya Utama Cendana , Makassar
  • PT. Belimbing Sriwijaya, Jambi
  • PT. Tripindo Jati Mahakam, Jakarta Selatan
  • PT. Berkah Salim Perdana , Banda Aceh
  • PT. Graha Kreasindo Utama , Boyolali
  • CV. Cahaya Konsultan , Semarang
  • PT. Graha Kencana Adhiperkasa Raya, Boyolali
  • PT. Muriefic Gemilang Putra, Makassar
  • PT. Mandiri Rajawali Group, Hulu Sungai Selatan
  • PT. Benua Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan
  • PT. Permata Lansekap Nusantara, Surabaya
  • PT. Wifa Agro Nusantara, Makassar
  • PT. Altora Inter Global, Tangerang Selatan
  • PT. Surya PradiPTa Mandiri, Semarang
  • PT. Indobangun Megatama , Padang
  • PT. Jagad Bumi Jaya, Jakarta Selatan
  • PT. Perissos Andalan Abadi , Medan
  • PT. Duta Bangun Perkasa, Jayapura
  • PT. Permata Anugerah Yalasamudra, Surabaya
  • PT. Duta Bangun Bestari, Semarang
  • PT. Nusantara Power Enjiniring, Medan
  • CV. Dwi Tunggal Energi, Semarang
  • PT. Audika Jaya Bersama, Ogan Komering Ilir

Konsultasi ISO Gratis

ilustrasi Call Center via wgroup id

Demikianlah informasi mengenai Konsultan ISO,Lembaga Konsultan ISO,Jasa Pengurusan Sertifikat ISO,Badan Sertifikasi ISO, silahkan hubungi kami :

Info Selengkapnya Hubungi Tim Kami

 

 

Email : kualitasindonesia@gmail.com
Website : www.kiscerti.co.id | www.jasapelatihanmurah.com
Office : Graha Gayaku – Jl. Kudus-Purwodadi KM 11 , Undaan, Kudus, Jawa Tengah, 59372


PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) melayani training Ahli K3 Umum, Ahli K3 Konstruksi (Muda, Madya, Utama), Auditor SMK3, Petugas P3K, Petugas Pemadam Kebakaran ( Kelas D, C, B, A) , Ahli K3 Listrik, Teknisi K3 Listrik, Hiperkes (Higiene Perusahaan Kesehatan), Supervisor Perancah, Ahli K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut (SIO Operator Alat Berat).

Selain Training K3 PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) juga mempunyai Layanan Konsultan Sertifikasi SMK3 ( Sistem Manajemen Keselamatan Kerja ) , Sertifikasi ISO non-akreditasi dan Akreditasi ( Nasional dan Internasional ) dan BIMTEK SMKK PUPR (Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi - Petugas K3)

source : kualitasnenergi com