Sertifikasi ISO

Apa Itu ISO?

International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. Selain itu masih banyak keuntungan lainnya yang akan langsung kita bahas di bawah ini.

Mengapa Sertifikasi ISO Penting?

Dilansir dari OSS Certification, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional

Untuk mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.

3. Menghemat Biaya

Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.

4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Meningkatkan Image Perusahaan

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.

Itulah semua keuntungan yang dapat didapatkan atas adanya sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini pada akhirnya secara lambat laun akan meningkatkan laba perusahaan.

 

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO


Seperti yang kita ketahui saat ini masih ada perusahaan dan organisasi yang belum mengerti dan membedakan apa yang di maksud dengan Konsultan ISO dan Lembaga Sertifikasi ISO. Serta belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO. Berikut sedikit penjelasan dari kami tentang bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO.

Di dalam meraih dan mendapatkan sertifikat ISO tidak dengan cara begitu saja seperti kita membeli sebuah makanan pesan dan langsung jadi, akan tetapi ada ketentuan – ketentuan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan. Ketentuan dan syaratnya tentu saja harus dilaksanakan dan harus dijalani oleh organisasi dan perusahaan yaitu kewajiban menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu dan harus mempunyai prosedur yang telah di tetapkan oleh standar ISO.

Apa saja prosedur yang harus di jalankan? Prosedur yang harus dijalankan yaitu dengan adanya pedoman mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu, 6 prosedur wajib, SOP atau IK serta form lain – lain. Pada saat menjalankan prosedur tersebut maka kita memerlukan bantuan dari seorang konsultan, peran dari konsultan tersebut yaitu agar dapat membantu dari tiap organisasi atau perusahaan di dalam melaksanakan prosedur dengan baik agar dapat di audit oleh lembaga sertifikasi serta dinyatakan lulus atau tidak dari lembaga tersebut untuk mendapatkan sertifikat ISO

Proses Audit Sertifikasi ISO

Lamanya proses audit berjalan ditentukan dari ruang lingkup dan bidang usaha di perusahaan. Proses audit akan terlaksana dalam 2 stage.
Stage 1 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 -  Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

Standar Kelulusan Audit Sertifikasi ISO

Organisasi dan perusahaan akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi ISO adalah saat tidak ditemukannya yang bersifat fatal atau Majour. Apa yang di maksud dengan temuan Majour? Temuan majour yaitu ditemukannya satu sistem yang tidak berjalan atau adanya satu persyaratan ISO yang tidak dijalankan tanpa alasan. Selain dari temuan majour adalagi temuan yang biasa di kenal dengan temuan minor dan observasi. Temuan minor yaitu apabila perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan satu sistem atau hanya menerapkan sebagian dari persyaratan dari semestinya. Temuan Observasi yaitu bersifat saran – saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO. Temuan minor dan observasi bukan salah satu faktor dalam mendapatkan sertifikat ISO namun hanya memerlukan perbaikan kecil.

Lamanya menerima Sertifikat ISO setelah dinyatakan lulus

Di saat proses audit berjalan lalu ditemukannya temuan yang bersifat minor dan observasi, maka perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan perbaikan terhadap temuan yang disampaikan sebelum sertifikat di cetak oleh badan sertifikasi ISO. Perbedaan waktu dalam mengeluarkan dan menerbitkan sertifikat ISO tentu tidak akan sama antara Badan Sertifikasi, ada yang Cuma butuh waktu 2 minggu, ada juga yang butuh waktu sampai 1 bulan. Ada sebagian dari badan sertifikasi ISO yang menginduk ke luar negeri sehingga akan memakan waktu yang cukup lama.

Masa Berlaku Sertifikat ISO

Sertifikat ISO berlaku selama 1 tahun, setelah itu maka perusahaan akan di audit ulang atau re-sertifikasi. Selama 1 tahun perusahaan dan organisasi akan di audit dalam waktu tertentu, ada yang di audit 6 bulan sekali , hal ini sering disebut dengan surveilance audit atau audit berkala.

Biaya Sertifikasi ISO

Biaya sertifikasi tidak sama antara satu dengan yang lain, biasanya badan sertifikasi akan melihat usaha yang anda jalani serta melihat besarnya organisasi di tempat anda. Masing – masing badan sertifikasi memiliki biaya yang bervariasi. Biaya utama yang dikeluarkan yaitu biaya audit sertifikasi di awal audit dan biaya surveilance. Mendapatkan sertifikat ISO sebetulnya tidak sulit, hanya membutuhkan konsistensi dari perusahaan dan komitmen dari organisasi di dalam menerapkan standar ISO.

Daftar Klien ISO

Berikut list klien kami yang memproses Sertifikasi ISO di PT Kualitas Indonesia Sistem

PT. Mari Bangun Nusantara, Makassar
PT. Bina Mulya Lampung, Bandar Lampung
PT. Indo Pratama Jaya Sejahtera, Kebumen
PT. Macca Teknik Mandiri, Jayawijaya
PT. Sinar Sembilan Jaya, Lampung Tengah
CV. Boyseri Princess, Manokwari
PT. Kanduangan Hijau Perkasa, Nunukan
PT. Putra Bangkit Suryatama, Kebumen
PT. Mahaka Anak Negeri, Gorontalo
PT. Artomzaraya, Manado
PT. Masa Depan Persada, Cilacap
PT. New Charisma Padma, Boyolali
PT. Nahra Sejahtera Bersama, Bekasi
PT. Paragon Jaya Teknik, Jakarta Utara
PT. Bubuhan Borneo Etam, Samarinda
PT. Putra Tunas Harapan, Banjarnegara
PT. Permata Anugerah Yalapersada,Surabaya
PT. Namitra Jaya Mandiri, Batam
PT. Borneo Explorindo, Banjarbaru
PT. Duta Papua Mandiri, Fak-Fak
PT. Anagata Haruki, Pontianak
CV. Sumber Waras, Banjarnegara
PT. Jaya Semanggi Enjiniring, Surabaya
PT. Raya CiPTa Mulia, Banda Aceh
PT. Aspalindo Global Mandiri, Pematang Siantar
PT. Putra Tanjung, Samarinda
PT. Bomberai Indah, Fak-Fak
PT. Risky Maharani Energi, Gorontalo
PT. Teknika CiPTa Pratama, Tarakan
CV. Marbo CiPTa Utama, Sinjai
PT. Mitra Usaha Para Perdana, Pangkalpinang
PT. Sarana Setia Sejahtera , Jayapura
PT. Maharani Mulia Selaras, Manado
PT. Mahaka Anak Negeri, Gorontalo
PT. Bayang Bungo, Bandar Lampung
PT. Dharma Setia Utama, Bandung
PT. Adji Karya Abadi, Jepara
PT. Adicon Jaya Utama, Jakarta Pusat
PT. Bangun Rancang Engineering, Jakarta Selatan
CV. Javatech Agro Persada, Pati
PT. Sukma Surya Dua Tiga Empat, Banjar
PT. Gamalama Indah Nusantara, Halmahera Timur
PT. Citra Mandiri Abadi, Palembang
PT. Berdikari Pondasi Perkasa, Jakarta Barat
PT. Isar Bright Sierra, Bekasi
PT. Subur Sedaya Maju, Palembang
PT. Multisarana Bhanda, Jakarta Timur
CV. Karya Agung, Palembang
PT. Bina Karya Mandiri Sejahtera, Jakarta Selatan
PT. Wirataco Mitra Muli , Aceh Barat
PT. Mustika Berlian Istimewa, Pasuruan
PT. Pijar Lentera Nusantara, Pasuruan
PT. Berdikari Inti Semesta, Tarakan
PT. Citra Karya Papua, Sarmi
PT. Panji Cemerlang, Jayapura
PT. Paringgawana Bumijaya, Manado
CV. Saynaya, Paser
PT. Wungu Sejahtera Wijaya, Bandar Lampung
CV. Bangun Papua, Jayapura
PT. Tri Karya Utama Cendana , Makassar
PT. Belimbing Sriwijaya, Jambi
PT. Tripindo Jati Mahakam, Jakarta Selatan
PT. Berkah Salim Perdana , Banda Aceh
PT. Graha Kreasindo Utama , Boyolali
CV. Cahaya Konsultan , Semarang
PT. Graha Kencana Adhiperkasa Raya, Boyolali
PT. Muriefic Gemilang Putra, Makassar
PT. Mandiri Rajawali Group, Hulu Sungai Selatan
PT. Benua Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan
PT. Permata Lansekap Nusantara, Surabaya
PT. Wifa Agro Nusantara, Makassar
PT. Altora Inter Global, Tangerang Selatan
PT. Surya PradiPTa Mandiri, Semarang
PT. Indobangun Megatama , Padang
PT. Jagad Bumi Jaya, Jakarta Selatan
PT. Perissos Andalan Abadi , Medan
PT. Duta Bangun Perkasa, Jayapura
PT. Permata Anugerah Yalasamudra, Surabaya
PT. Duta Bangun Bestari, Semarang
PT. Nusantara Power Enjiniring, Medan
CV. Dwi Tunggal Energi, Semarang
PT. Audika Jaya Bersama, Ogan Komering Ilir

Konsultasi ISO Gratis

ilustrasi Call Center via wgroup id

Demikianlah informasi mengenai Konsultan ISO,Lembaga Konsultan ISO,Jasa Pengurusan Sertifikat ISO,Badan Sertifikasi ISO, silahkan hubungi kami :

WA/ Telpon :
Aprilia P.S : 0822 2017 2374 
Singgih : 0822 7222 2297
Uswa : 0812 2696 5180
Amalia : 0858 0338 2522

Email : kualitasindonesia@gmail.com
Website : www.kiscerti.co.id | www.jasapelatihanmurah.com
Office : Graha Gayaku – Jl. Kudus-Purwodadi KM 11 , Undaan, Kudus, 59372

 

source : kualitasnenergi com