Sertifikasi ISO
Apa Itu ISO?
International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.
Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.
Kita dapat mengilustrasikan ISO itu seperti franchise. Franchise makanan yang memiliki standar yang jelas dan harus diikuti oleh karyawan, sehingga rasa makanan bisa sama di setiap cabang. Rasa makanan tidak tergantung dari koki yang memasak makanan tersebut.
Menerapkan ISO artinya membuat standar yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistem, bukan orang.
Mengapa Sertifikasi ISO Penting?
Dilansir dari OSS Certification, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.
1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan
Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.
2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional
Untuk mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.
3. Menghemat Biaya
Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.
4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan
Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Meningkatkan Image Perusahaan
Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.
Itulah semua keuntungan yang dapat didapatkan atas adanya sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini pada akhirnya secara lambat laun akan meningkatkan laba perusahaan.
Cara Mendaftar ISO
Untuk bisa mendapatkan ISO, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebuah perusahaan, yaitu:
- Aplikasi permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kuestioner sesuai dengan sertifikasi yang Anda inginkan kepada badan sertifikasi pilihan Anda.
- Asesmen terhadap ISO akan dilakukan oleh satu badan sertifikasi, suatu organisasi harus dapat menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukannya telah benar-benar berjalan secara minimal dalam jangka waktu tiga bulan sesuai seluruh urutan (siklus) dari audit internal.
- Permohonan pendaftaran akan disetujui oleh satu badan sertifikasi, setelah itu akan ada proses lanjutan berupa program 6 bulanan atau 12 bulanan (tahunan) kunjungan audit pengawasan (surveilance). Bila berhasil, maka sertifikasi akan diterbitkan.
Tahapan Sertifikasi ISO
Secara umum tahapan sertifikasi ISO adalah sebagai berikut :
- Audit awal (opsional)
- Audit sertifikasi:
- Penerbitan sertifikasi
- Audit pengawasan tahunan
- Sertifikasi ulang dalam waktu tiga tahun
Lamanya proses audit berjalan ditentukan dari ruang lingkup dan bidang usaha di perusahaan. Proses audit akan terlaksana dalam 2 stage.
Stage 1 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.
Standar Kelulusan Audit Sertifikasi ISO
Organisasi dan perusahaan akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi ISO adalah saat tidak ditemukannya yang bersifat fatal atau Majour. Apa yang di maksud dengan temuan Majour? Temuan majour yaitu ditemukannya satu sistem yang tidak berjalan atau adanya satu persyaratan ISO yang tidak dijalankan tanpa alasan. Selain dari temuan majour adalagi temuan yang biasa di kenal dengan temuan minor dan observasi.
Temuan minor yaitu apabila perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan satu sistem atau hanya menerapkan sebagian dari persyaratan dari semestinya. Temuan Observasi yaitu bersifat saran – saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO. Temuan minor dan observasi bukan salah satu faktor dalam mendapatkan sertifikat ISO namun hanya memerlukan perbaikan kecil.
Lamanya menerima Sertifikat ISO setelah dinyatakan lulus
Di saat proses audit berjalan lalu ditemukannya temuan yang bersifat minor dan observasi, maka perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan perbaikan terhadap temuan yang disampaikan sebelum sertifikat di cetak oleh badan sertifikasi ISO. Perbedaan waktu dalam mengeluarkan dan menerbitkan sertifikat ISO tentu tidak akan sama antara Badan Sertifikasi, ada yang Cuma butuh waktu 2 minggu, ada juga yang butuh waktu sampai 1 bulan. Ada sebagian dari badan sertifikasi ISO yang menginduk ke luar negeri sehingga akan memakan waktu yang cukup lama.
Masa Berlaku Sertifikat ISO
Sertifikat ISO berlaku selama 3 tahun, setelah itu maka perusahaan akan di audit ulang atau re-sertifikasi. Selama 1 tahun perusahaan dan organisasi akan di audit dalam waktu tertentu, hal ini sering disebut dengan surveilance audit atau audit berkala.
Surveillance ISO
Surveillance Sertifikasi ISO adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO.
Surveillance atau Pemantauan Sertifikasi ISO ini memiliki tujuan yaitu untuk menentukan apakah organisasi dan perusahaan masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak. Dari audit ini bisa dibuktikan, bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan perusahaan dalam menjalankan standar ISO.
Hal-hal yang biasa ditanyakan atau dicari auditor pada Audit Surveillance:
Apakah organisasi masih sesuai dengan persyaratan sistem manajemen?
Apakah organisasi mengimplementasikan kebijakan dan SOP seperti yang sudah ditetapkan?
Apakah secara berkala organisasi meninjau dan meningkatkan manajemen mutu melalui audit internal dan tinjauan manajemen (management review)?
Bagaimana tindakan perbaikan yang berkelanjutan sesuai sistem manajemen dan monitoring sasaran mutu?
Waktu yang dibutuhkan saat audit surveillance (perpanjangan) lebih sedikit daripada audit pertama kali pada proses Sistem Manajemen. Ketika audit perpanjangan, Lead Auditor akan memulai dengan melihat proses kunci organisasi; seperti rapat tinjauan manajemen, audit internal, dan tindakan korektif. Kemudian hanya melihat beberapa proses yang tersisa dalam Sistem Manajemen. Lead Auditor mungkin juga hanya melihat sebagian dari seluruh organisasi, seperti hanya satu dari dua jalur produksi, atau situs tertentu.
Sertifikasi ISO rata-rata memiliki masa berlaku hingga tiga tahun, dengan persyaratan audit survei atau surveillance dilakukan setiap tahun, sebelum dilakukan re-sertifikasi pada tahun ketiga. Setiap proses kunci, seperti management review, audit internal, dan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan selama satu tahun, ditinjau kembali.
Jenis Sertifikasi ISO
Sertifikasi ISO 9001
ISO 9001 Quality Management System adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional. ISO 9001 merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia. ISO 9001 merupakan iso yang membahas sistem berisikan standar untuk manajemen mutu suatu barang atau produk tertentu.
Selengkapnya tentang ISO 9001
Sertifikasi ISO 14001
Sertifikasi ISO 14001 adalah sebuah proses kelayakan suatu organisasi, bisnis, atau perusahaan dalam menunjukkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa sebuah organisasi atau bisnis telah mendedikasikan sistem manajemennya berdasarkan kesadaran lingkungan.
Selengkapnya tentang ISO 14001
Sertifikasi ISO 45001
Sertifikasi ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja/ sistem manajemen K3, dengan panduannya yang dapat memungkinkan organisasi agar secara proaktif meningkatkan kinerja dalam hal mencegah cedera, kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan.
Selengkapnya tentang ISO 45001
Sertifikasi ISO 22000
Sertifikasi ISO 22000 adalah standar dunia internasional yang diterima secara global bagi perushaan yang ingin memenuhi persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, dalam upaya untuk memastikan ketersediaan pangan. Standar ini menguraikan kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian dari rantai pasokan makanan hingga mengendalikan risiko dan mencegah kontaminasi.
Selengkapnya tentang ISO 22000
Sertifikasi ISO 27001
ISO/IEC 27001 adalah standar internasional untuk menetapkan spesifikasi dalam sistem manajemen keamanan informasi. Membantu organisasi untuk mengelola keamanan informasi mereka dengan menangani orang dan proses serta teknologi. ISO 27001 adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.
Sertifikasi ISO 37001
ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan ( SMAP ) / Anti Bribery Management System adalah sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti-suap.
Selengkapnya tentang ISO 37001
Biaya Sertifikasi ISO
Biaya sertifikasi tidak sama antara satu dengan yang lain, biasanya badan sertifikasi akan melihat usaha yang anda jalani serta melihat besarnya organisasi di tempat anda. Masing – masing badan sertifikasi memiliki biaya yang bervariasi. Biaya utama yang dikeluarkan yaitu biaya audit sertifikasi di awal audit dan biaya surveilance. Mendapatkan sertifikat ISO sebetulnya tidak sulit, hanya membutuhkan konsistensi dari perusahaan dan komitmen dari organisasi di dalam menerapkan standar ISO.
Silakan Hubungi Tim Kami untuk mendapat promo dan penawaran terbaik .
Contoh Sertifikat ISO
Berikut beberapa contoh Sertifikat ISO
Sertifikat ISO Non-Akreditasi
Sertifikat ISO Akreditasi KAN ( Komite Akreditasi Nasional )
Sertifikat ISO Akreditasi Internasional
Syarat Pengurusan Sertifikasi ISO
Berikut persyaratan dokumen awal untuk mengajukan Sertifikasi ISO bagi perusahaan yang harus disiapkan :
- Akta Pendirian + SK Kemenkumham
- Akta Perubahan + SK Kemenkumham
- Ijin Domisili Perusahaan
- SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
- TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
- SBU ( Sertifikat Badan Usaha )
- NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
- NIB ( Nomor Induk Berusaha )
Konsultasi ISO Gratis

Kami menawarkan Sertifikasi ISO gratis konsultasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda . Demikianlah informasi mengenai Konsultan ISO,Lembaga Konsultan ISO,Jasa Pengurusan Sertifikat ISO,Badan Sertifikasi ISO, silahkan hubungi kami :
Info Selengkapnya Hubungi Tim Kami
Silakan hubungi kami via WhatsApp :
Email : kualitasindonesia@gmail.com
Phone : (0291) 432366
Website : www.kiscerti.co.id | www.jasapelatihanmurah.com
Office : Jl. Kudus-Purwodadi KM 11 , Undaan, Kudus, Jawa Tengah, 59372
PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) melayani training Ahli K3 Umum, Ahli K3 Konstruksi (Muda, Madya, Utama), Auditor SMK3, Petugas P3K, Petugas Pemadam Kebakaran ( Kelas D, C, B, A) , Ahli K3 Listrik, Teknisi K3 Listrik, Hiperkes (Higiene Perusahaan Kesehatan), Supervisor Perancah, Ahli K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut (SIO Operator Alat Berat).
Selain Training K3 PT. Kualitas Indonesia Sistem ( KIS ) juga mempunyai Layanan Konsultan Sertifikasi SMK3 ( Sistem Manajemen Keselamatan Kerja ) , Sertifikasi ISO non-akreditasi dan Akreditasi ( Nasional dan Internasional ) dan BIMTEK SMKK PUPR (Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi - Petugas K3)
source :
kualitasnenergi com
akta co.id